Senin, 18 September 2017

Dry Gas Seal

Dry Gas Seal (DGS) adalah salah satu komponen pada centrifugal kompressor yang berfungsi memberikan sealing agar gas process di dalam kompressor tidak release ke atmosfer.

Dahulu kala sebelum ada DGS ini, centrifugal compressor menggunakan wet gas seal yang terdiri dari sealing dengan buffer oil melalui labyrinth.
OK, selanjutnya kali ini kita akan lebih membahas DGS.

Tipe DGS
Ada beberapa tipe dry gas seal :
1. Single seal, tipe ini murah harganya dan hanya untuk low pressure saja
2. Double Seal, tipe ini digunakan untuk low pressure dan hazardous gas (gas yang beracun/berbahaya).
3. Tandem Seal, tipe ini adalah tipe yang paling banyak digunakan.

Pada tipe tandem seal, jika terjadi kebocoran pada primary seal maka secondary seal akan memberikan fungsi sealing sehingga tidak ada gas beracun/berbahaya yang release ke atmosfer.

Tipe-tipe DGS
Cara Kerja DGS
Silakan lihat gambar berikut ini untuk mengetahui cara kerja DGS :

Mirip dengan mechanical seal di pompa khan?
Yaps.... pada DGS ada 2 mating face yang saling bertemu (warna merah dan kuring), namun rotating ring ini memiliki profil yang berfungsi seperti sayap pesawat terbang. Yaitu membuat gaya angkat (gaya pisah) antara rotating ring dan stationary ring sehingga keduanya tidak saling bersentuhan. Keduanya dipisahkan gap sebesar 5 microns.
Mereka dipisahkan oleh Seal Gas Supply yang di inject kan di seal chamber, sehingga profil sayap pesawat terbang pada rotating ring ini bisa membuat gaya pisah.

Ada 2 tipe profil sayap di DGS, yaitu :
1. Profil 1 arah (unidirectional face pattern)
2. Profil 2 arah (bidirectional face pattern)
Dua profil DGS rotating ring



Seal gas supply diberikan inject kan diantara rotating dan stationary ring, sebagian ada yang kembali ke dalam kompressor dan sebagian lagi ada yang keluar ke vent system, seperti gambar berikut ini :

Labyrinth
Setelah DGS kemudian ada Labyrinth. Labyrinth ini berfungsi untuk mencegah Lube Oil dari bearing masuk ke dalam DGS. Labyrinth ini berupa groove (cekukan berlapis), sehingga tekanan lube oil dari bearing akan semakin berkurang saat menuju ke sisi DGS side.
Labyrinth 


DGS hanya mampu melakukan fungsi sealing tekanan yang sangat rendah.
Pada sisi DGS akan di inject kan udara sehingga tekanan udara akan melawan tekanan lube oil. Dengan demikian kedua tekanan akan saling meniadakan dan tidak ada lube oil yang masuk ke DGS.

Udara bertekanan ini bisa juga menggunakan Nitrogen untuk lebih amannya dari kemungkinan udara masuk / bercampur dengan gas.

Untuk lebih jelasnya mengenai susunan DGS, Labyrinth dan Bearing dapat di lihat skema nya sbb :
Susunan Sealing System di Centrifugal Compressor



Demikian sharing singkat saya tentang DGS.
Selanjutnya saya akan membuat cara mendeteksi kerusakan pada DGS pada posting selanjutnya.




Wrote in Natuna on my  11th day
September 24th, 2017

2 komentar:

Silakan feel free ya