Selasa, 03 Oktober 2017

Identifikasi Kerusakan Dry Gas Seal

Dry Gas Seal (DGS) dalam kondisi normal bisa bertahan hingga umur yang cukup lama, bahkan mungkin bisa mencapai 20 tahun service nya. Tentu saja jika semua parameternya normal.

Kerusakan dry gas seal ini bisa berasal dari dalam atau dari luar. Yang dimaksud dengan "dari dalam" adalah dari service gas (gas dalam kompressor). Sedangkan yang dimaksud dengan "dari luar" adalah dari seal gas supply, air separation supply atau nitrogen supply.

Dalam kondisi normal, project design akan memberikan beberapa parameter dan equipment untuk mengetahui apakah ada kerusakan atau kebocoran dari DGS itu, antara lain adalah sbb :

1. Venting Pressure
Venting pressure yang mengalami kenaikan menunjukkan adanya aliran gas melalui venting line di DGS, artinya ada kebocoran dari DGS.
Tampak pada gambar di samping ini adanya Orifice yang di pasang di jalur venting line. Apabila terjadi kebocoran DGS ini,  orifice ini memberikan efek back pressure yang yang kemudian akan dibaca oleh pressure gage / transmitter yang dipasang di up stream orifice ini. Intinya orifice ini berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas pressure reading di venting line ini.











2. Rupture Disk
Akibat dari tinggi nya pressure di venting line ini maka rupture disk yang terinstall di line ini akan rupture. Dengan rusaknya rupture disk maka venting pressure yang terbaca semakin tinggi. Rupture disk ini dilengkapi dengan switch, sehingga jika rupture disc failure akan ada indikasinya.

3. Differential pressure seal gas supply vs venting line pressure.
Untuk fitur ini belum sama di setiap plant, Teman-teman harus memastikan fitur ini di plant masing-masing.


di tulis di hari terahir sebelum Off Duty
October 3rd, 2017

1 komentar:

Silakan feel free ya